Menjadi Orangtua Yang Aktif, Atentif, Efektif, dan Konsisten

Sudahkah Anda mendengar nasehat terbaru tentang bagaimana menjadi orangtua?

Tentu saja, kami percaya Anda sudah mendengarnya. Mulai dari para ahli sampai para orangtua lainnya, mereka selalu siap memberi kita nasehat-nasehat bagaimana menjadi orangtua yang sukses. Kiat-kiat bagaimana menjadi orangtua, panduan-panduan bagi kesuksesan orangtua, kiat-kiat yang efektif dan tidak efektif, apa-apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan para orangtua—termasuk nasehat-nasehat terbaru selalu bermunculan setiap hari.

Tetapi, dengan begitu banyak informasi yang tersedia, bagaimana kita dapat mengetahui nasehat mana yang benar-benar efektif ? Bagaimana kita mengetahui nasehat siapa yang harus kita ikuti? Tidakkah nasehat bagaimana menjadi orangtua tersebut kebanyakan orangpun mengetahuinya? Bagaimana para ahli dapat mengetahui secara akurat bagaimana menjadi orangtua dalam rumah sesungguhnya?

Apa harus yang dilakukan oleh orangtua?

Cobalah RPM3—sebuah pendekatan terpercaya dan telah teruji tentang bagaimana menjadi orangtua dari National Institute of Child Health and Human Development (NICHD).

Lebih dari 30 tahun, NICHD telah mengadakan dan mendukung penelitian tentang menjadi orangtua dan perkembangan anak. Kami telah berbicara dengan para ahli, para orangtua, dan anak-anak. Kami telah mengumpulkan data-data statistik, melakukan identifikasi terhadap mitos-mitos yang berkembang di masyarakat dan menguji saran-saran yang berdatangan. Hasilnya adalah RPM3.

RPM3

merupakan singkatan untuk:

Responding :

menanggapi secara tepat terhadap anak kita

Preventing:

Mencegah munculnya perilaku-perilaku beresiko atau bermasalah

Monitoring:

Mengawai interaksi anak kita dengan lingkungan sekitar

Mentoring:

Membantu secara aktif anak kita untuk memiliki perilaku-perilaku yang dikehendaki.

Modelling:

Menjadikan diri kita sebagai contoh yang positif dan konsisten bagi anak kita

Pendekatan RPM3 bukan hanya mengatakan kepada kita “bagaimana melakukan sesuatu”. Sebaliknya, RPM3 memisahkan informasi yang sangat berguna dari informasi yang tidak begitu berguna, sehingga kita dapat membuat keputusan sendiri tentang bagaimana menjadi orangtua. RPM3 lebih dari sekedar menjelaskan cerita-cerita tentang apa yang dipikirkan kebanyakan orang tentang bagaimana menjadi orangtua. RPM3 merupakan hasil dari 30 tahun berbagai riset yang dilakukan dan didukung NICHD untuk mengatakan kepada kita tentang nasehat yang benar-benar bekerja secara efektif.

RPM3 sesungguhnya mengkonfirmasikan kepada kita sesuatu yang kita sendiri sudah mengetahui: apa-apa yang dilakukan sebagai orangtua itu sangat bermakna bagi anak-anak. Termasuk kita. Bacalah untuk mendapatkan informasi lebih banyak……

Bagian pertama buku ini menjelaskan setiap aspek dalam RPM3, responding, preventing, monitoring, mentoring, dan modelling secara lebih detail. Bagian-bagian ini menggambarkan bagaimana RPM3 dapat membantu kita membuat keputusan-keputusan harian tentang pengasuhan. Bagian pengingat buku ini memberi contoh-contoh bagaimana sejumlah orangtua telah menggunakan pelajaran RPM3 dengan anak-anak mereka sendiri.

Ketika membaca, kita akan melihat angka-angka tertentu, seperti 1 atau 7 pada kata-kata tertentu. Angka-angkat ini berhubungan dengan riset yang mendukung sebuah ide atau konsep, dan tercantum dalam halaman referensi. Referensi-referensi ini memberi kita lebih banyak informasi tentang riset pengasuhan dari NICHD.

Jadi, dari mana kita memulainya?

Satu hal penting yang perlu kita pahami adalah tidak ada orangtua yang sempurna. Menjadi orangtua bukanlah sesuatu yang bersifat semua atau tidak sama sekali. Kesuksesan-kesuksesan dan kesalahan-kesalahan merupakan bagian dari proses kita menjadi orangtua. Mulailah untuk berpikir tentang tipe-tipe orangtua seperti apa yang kita inginkan. RPM3 menawarkan pedoman-pedoman berdasarkan riset untuk menjadi:

q Orangtua yang efektif. Perkataan-perkataan dan perilaku-perilaku kita mempengaruhi bagaimana seharusnya anak-anak kita bersikap dan berperilaku

q Orangtua yang konsisten. Kita melakukan sesuatu sesuai dengan prinsip-prinsip yang kita ucapkan. Kesesuaian antara kata dengan tindakan

q Orangtua yang aktif. Kita berpartisipasi aktif dalam kehidupan anak-anak kita

q Orangtua yang atentif. Kita menaruh perhatian terhadap kehidupan anak-anak kita dan mengamati apa yang sedang terjadi pada diri mereka

Dengan melakukan responding, preventing, monitoring, mentoring, dan modelling dalam aktivitas-aktivitas pengasuhan sehari-hari, kita dapat menjadi orangtua yang efektif, konsisten, aktif, dan atentif.

Jika kita sudah mempelajari setiap pendekatan RPM3, lanjutkan pada bagian yang sesuai dengan usia anak kita, untuk melihat bagaimana pendekatan RPM3 telah diterapkan oleh sejumlah orangtua dalam pengasuhan mereka sehari-hari. Pikirkan tentang langkah-langkah yang dapat kita ambil guna menerapkan pendekatan tersebut dalam pengasuhan kita sehari hari.

Menjadi orangtua yang efektif, konsisten, aktif, dan atentif merupakan sebuah pilihan dan hanya kita sendiri yang dapat mewujudkannya.

Harap diingat…

Setelah kita membaca dan mempelajari prinsip-prinsip dan contoh-contoh dalam pendekatan RPM3, harap diingat bahwa responding, preventing, monitoring, mentoring, dan modelling memiliki kedudukan yang penting dalam pengasuhan semua anak—termasuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus atau kebutuhan yang berbeda-beda.

Semua anak-anak—baik mereka yang secara mental terganggu, secara mental berbakat, secara fisik memiliki hambatan, secara fisik memiliki bakat atau kombinasi dari keduanya—dapat mengambil manfaat dari prinsip-prinsip dalam pendekatan RPM3. Anak-anak yang digambarkan dalam contoh buku mungkin duduk di kursi roda; mereka mungkin menderita leukemia atau asma; mereka mungkin sedang kuliah; atau mereka mungkin berada di kelas khusus untuk anak-anak yang memiliki gangguan pemusatan perhatian

Cerita-cerita yang muncul tidak secara spesifik menyebutkan karakteristik tertentu tersebut karena pada dasarnya semua anak-anak membutuhkan pengasuhan setiap harinya, termasuk mereka-mereka yang berada dalam situasi khusus. Prinsip-prinsip dalam RPM3 memusatkan perhatian pada bagaimana menangani pilihan-pilihan dalam proses pengasuhan setiap harinya, dimana kemampuan atau kecacatan seorang anak bukanlah faktor yang paling penting. Contoh-contoh dalam buku ini juga dapat diterapkan pada keluarga dengan berbagai latar belakang budaya, agama, tingkat kehidupan, dan status sosial ekonomi. Contoh-contoh yang menggambarkan situasi-situasi di mana semua keluarga mengalaminya, bahkan pada keluarga yang memiliki ciri-ciri spesifik dan benar-benar berbeda.

Mari kita mulai mempelajari prinsip pertama dalam pendekatan RPM3, yaitu Rresponding yaitu menanggapi anak –anak kita dalam cara-cara yang tepat.

Published in:Adventures in Parenting |on February 14th, 2009 |3 Comments »

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to “Menjadi Orangtua Yang Aktif, Atentif, Efektif, dan Konsisten”

  1. Cory Says:

    ....

    thank you....

  2. brandon Says:

    ....

    thanks for information....

  3. stanley Says:

    ....

    благодарю....

Leave a Reply

*