Bentuk-bentuk Keyakinan Orangtua

Bentuk-bentuk Keyakinan Orangtua

by

Irwan Nuryana Kurniawan

Keyakinan orangtua, menurut Sigel, Stinson, dan Flaugher (Powell, 1996) dapat dikategorikan menjadi empat kelompok, yaitu proses-proses kognitif (anak-anak belajar melalui berpikir dan penalaran, mempertimbangan pilihan-pilihan, menggambarkan kesimpulan-kesimpulan, penekanan konsekuensi-konsekuensi), instruksi langsung (anak-anak belajar melalui perintah apa yang harus dilakukan, dari penjelasan-penjelasan atau nasihat-nasihat), umpan balik positif (anak-anak belajar melalui pengalaman sukses, persetujuan, dan dukungan), dan umpan balik negatif (anak-anak belajar melalui hukuman atau kritikan atas perilaku yang dilakukan)

Keyakinan orangtua, menurut Nuran (1995), Machida, Taylor, dan Kim (2002) mencakup efikasi diri orangtua dan kontrol orangtua. Efikasi diri orangtua merupakan keyakinan orangtua bahwa mereka memiliki keterampilan-keterampilan yang dituntut dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan spesifik. Orangtua, misalnya, mempersepsi dirinya memiliki kemampuan menenangkan anak-anak yang sedang mengalami stress. Kontrol orangtua adalah persepsi para orangtua tentang kontrol personal mereka dalam menentukan perkembangan dan kepribadian anak-anak.

Keyakinan orangtua tentang strategi manajemen konflik, menurut Perozynski dan Kramer (1999) mencakup dua aspek. Pertama, keyakinan tentang tipe-tipe strategi manajemen konflik yang paling efektif dalam memecahkan konflik sibling (parental outcome expectation). Kedua, keyakinan tentang tipe-tipe strategi manajemen konflik di mana para orangtua merasa paling konfidens menampilkannya (parental self-efficacy). Kedua tipe keyakinan ini berinteraksi satu sama lain memprediksi respon apa yang akan ditampilkan orangtua terhadap konflik sibling yang terjadi. Orangtua mungkin meyakini bahwa strategi yang dapat mereka tampilkan (a positive self-efficacy expectation) adalah strategi yang paling efektif (a positive outcome expectation). Alternatif lain, orangtua mungkin meyakini bahwa suatu strategi khusus akan efektif mengatasi konflik (a positive outcome expectation), tapi orangtua tidak menampilkannya karena mereka tidak yakin mampu memakai strategi tersebut secara efektif (a negative self-efficacy expectation).

Perozynski dan Kramer (1999) dalam penelitiannya menemukan bahwa pemakaian strategi berpusat pada anak oleh para ibu dapat diprediksikan oleh keyakinan mereka bahwa strategi kontrol orangtua tidak efektif. Jadi, para ibu memakai strategi ini bukan karena keyakinan mereka bahwa strategi ini secara khusus efektif, tetapi lebih disebabkan oleh strategi alternatif dipandang sia-sia.

Luster dan Kain (Pinderhughes dkk, 2000) menemukan adanya perbedaan antara para orangtua yang yakin bahwa pengasuhan memiliki efek positif terhadap anak (efikasi diri tinggi) dan orangtua yang meyakini bahwa orangtua hanya memiliki sedikit pengaruh terhadap anak (efikasi diri rendah). Para orangtua yang memiliki efikasi diri tinggi mengembangkan kasih sayang, afeksi, dan modeling sebagai pengaruh yang penting, sedangkan para orangtua yang memiliki efikasi diri rendah, terutama ayah, cenderung menganggap disiplin sebagai pengaruh yang penting

Berdasarkan penjelasan tersebut di atas, maka keyakinan orangtua tentang strategi manajemen konflik mencakup dua aspek yaitu sejauhmana orangtua meyakini dirinya mampu menampilkan strategi manajemen konflik tertentu dan sejauhmana orangtua menilai efektivitas strategi manajemen konflik tertentu dalam mengatasi konflik saudara kandung.

Published in:Parenting |on September 6th, 2008 |12 Comments »

You can leave a response, or trackback from your own site.

12 Responses to “Bentuk-bentuk Keyakinan Orangtua”

  1. stuart Says:

    ....

    спасибо за инфу!...

  2. christian Says:

    ....

    спасибо!...

  3. henry Says:

    ....

    благодарствую....

  4. Leonard Says:

    ....

    tnx for info!...

  5. Ryan Says:

    ....

    сэнкс за инфу!!...

  6. neil Says:

    ....

    tnx for info!...

  7. Norman Says:

    ....

    tnx for info!...

  8. Alexander Says:

    ....

    благодарствую!!...

  9. Armando Says:

    ....

    сэнкс за инфу!!...

  10. Gerald Says:

    ....

    спс....

  11. harvey Says:

    ....

    good info!!...

  12. Eddie Says:

    ....

    спс!!...

Leave a Reply

*